RSS

Taman Nasional KOMODO

Taman Nasional Komodo (TN Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut adalah tempat tinggal satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Kondisi alam TN Komodo unik karena terdapat padang savana yang luas yang merupakan habitat pohon lontar (Borassus flabellifer).
Kawasan TN Komodo terletak di ujung barat Provinsi NTT, tepatnya di antara Pulau Sumbawa (NTB) dan Pulau Flores (NTT). Secara administratif kawasan ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur.
Daya tarik utama TN Komodo sudah jelas adalah si reptil raksasa purba biawak komodo. Tetapi keaslian dan kekhasan alamnya, khususnya panorama savana dan panorama bawah laut, adalah daya tarik lain yang amat menawan. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan bentang alam TN Komodo bisa mengunjungi puncak bukit Golo Kode.
Pengunjung dengan hobi seperti memancing, snorkeling , diving, kano, dan bersampan bisa memuaskan kegemarannya di sini. Sedangkan untuk penggemar wisata darat, potensi wisata alam yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking , dan camping.
Beberapa lokasi dalam kawasan TN Komodo yang menarik untuk dikunjungi adalah Loh Liang, Pantai Merah, Loh Sebita, Loh Buaya, Pulau Kalong, dan Golo Kode. Aktivitas yang bisa dilakukan di Loh Liang dan Loh Buaya adalah pengamatan komodo, rusa, babi hutan, pengamatan burung, bermain kano, dll. Loh Sebita merupakan daerah mangrove dan aktivitas yang bisa dilakukan adalah treking.
Pengunjung yang senang dengan daerah pantai bisa mengunjungi Pantai Merah. Pantai ini termasuk pantai dangkal dengan terumbu karang yang menawan. Lokasi yang cocok untuk snorkeling . Selain Pantai Merah, TN Komodo masih memiliki 36 dive spot yaitu Pantai Tatawa, Gililawa Laut, Loh Dasami, Pillar Steen, Batu Bolong, Taka Makasar, dll.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar